Ukhuwah Islamiyah

Bismillaahirohmaanirohiim..

Huaaaa….Rasanya sudah lama banget ngga nulis hehe maklum mengumpulkan mood untuk menulis agak susah banget akhir-akhir ini hohooo. Oiya tadi pagi aku ngga sengaja buka-buka buku catetan tentang materi-materi waktu aku mentoring dulu pas masih SMA. Nah aku tertarik banget buat ngeshare materi mengenai “ukhuwah Islamiyah”.



Langsung aja yaaa
“Ukhuwah islamiyah” sepertinya udah ngga asing lagi kali ya, denger kata “ukhuwah islamiyah”. Tapi sebenernya apa sih yang di maksud ukhuwah islamiyah itu…??
Jadi, ukhuwah islamiyah itu adalah keterikatan hati dan jiwa antara satu sama lain dengan ikatan aqidah atau bisa berarti persaudaraan Islam.

Nah ini ada beberapa hal-hal yang menguatkan ukhuwah islamiyah :
1.       Memberitahukan kecintaan pada yang kita cintai
2.       Memohon didoakan bila berpisah
3.       Menunjukkan kegembiraan dan senyuman bila berjumpa
4.       Berjabat tangan bila berjumpa (kecuali non muhrim)
5.       Mengucapkan selamat berkenaan dengan saat-saat keberhasilan
6.       Memberikan hadiah pada waktu-waktu tertentu
7.       Saling bersilaturahim
8.       Memperhatikan saudaranya dan membantu keperluannya
9.       Memenuhi hak ukhuwah saudaranya

Itu adalah 9 hal-hal yang akan menguatkan persaudaraan kita, apalagi sebagai muslimah. Yukk kita saling mempererat persaudaraan kita sebagai sesama muslim. Karena setiap muslim itukan bersaudara.
Betapa indahnya ukhuwah islamiyah yang diajarkan Allah Swt dan Rosul-Nya. Bila umat islam melakukannya, tentu akan terasa lebih manis rasa iman di hati dan terasa indah hidup dalam kebersamaan. Mari kita mulai dari diri kita sendiri, keluarga, masyarakat dekat untuk menjalin persaudaraan islam ini.


"tidak beriman seseorang diantaramu hingga kamu mencintainya seperti kamu mencintai dirimu sendiri " (HR. Bukhari-Mulim)



tika rahmadhania

a happy Engineer women and loved Make Up.

Contact me : tikarahmadhania@gmail.com.

No comments:

Post a Comment